Jiwa Enterpreneurship: Perlu

Beberapa hari yang lalu, saya posting tentang bagaimana bahagianya saya menjadi CPNS (dan saya memang benar-benar bahagia). Meski harus menunggu 4 tahun untuk meraihnya, namun saya termasuk orang yang beruntung bisa lolos tes yang selalu diminati oleh ribuan warga Indonesia ini.

Banyak warga Indonesia saat ini, bahkan yang sudah sarjana bahkan dengan IPK tinggi sekalipun yang masih kesulitan mencari pekerjaan.

Yap, itu prolog dari sharing saya kali ini yang berjudul “Jiwa Enterpreneurship: Perlu

Kesulitan mencari pekerjaan salah satunya disebabkan orang-orang hanya berfokus pada keinginan untuk menjadi pegawai, baik itu pegawai negeri maupun swasta. Padahal, jika kita cermat sebenarnya banyak peluang bagi kita untuk mendapatkan bahkan menciptakan kesempatan kerja apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia komunikasi.

Demikian seperti yang diungkapkan oleh Aqua Dwipayana, seorang trainer dan konsultan komunikasi, pada acara studium generale “Enterpreneurship” tanggal 4 Desember 2008 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Studium generale enterpreneurship ini digagas oleh Dekan Fikom Unpad, Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D, dalam rangka memberikan perspektif yang lebih luas kepada mahasiswa Fikom dalam memasuki dunia kerja.

Di bidang jasa komunikasi banyak sekali bidang usaha atau bidang kerja yang sebenarnya bisa digarap. Mulai dari mendirikan lembaga marketing communication consultant, advertising agency, hingga menjadi konsultan (trainer) untuk komunikasi di organisasi. Dan yang membahagiakan, hampir semua bidang-bidang usaha ini dapat dimulai tanpa modal uang. Namun yang perlu diperhatikan, untuk memulainya kita harus mempunyai tekad yang kuat, tahan malu, serta skill yang mumpuni di bidang-bidang yang akan kita geluti ini.

Skill yang mumpuni ini, tentu tidak datang dengan sendirinya. mahasiswa harus mulai membekali dirinya dengan kemampuan aplikasi komunikasi sejak mereka duduk di bangku kuliah. Maka Aqua sangat menyarankan mahasiswa untuk aktif di organisasi-organisasi dan mengaplikasikan ilmu komunikasinya, bahkan mahasiswa juga sangat dianjurkan untuk magang di berbagai perusahaan. Tujuan magang ini bukan untuk mencari penghasilan, melainkan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan skill yang kelak akan mempertinggi nilai kita ketika telah lulus. Pada kesempatan itu, Aqua juga memberikan beberapa tips yang dapat memotivasi mahasiswa untuk memulai usaha.

Kuliah umum ini sangat menarik, karena disampaikan secara atraktif dan motivatif. Apalagi, contoh-contoh yang diberikan Aqua terasa sangat nyata, karena berdasarkan pengalaman pribadinya mendirikan sebuah lembaga konsultan komunikasi yang bernama Image Communication.

9 Responses

  1. Hmm….iya sich Pak bener jarang antara kita berkemauan untuk berwiraswasta, dengan banyak dalih dari gak punya modal sampai gak punya ilmu. Tapi seperti nya kita gak bakalan tau kalau kita bekum mencoba🙂

    Betul. bahkan kayaknya saya satu diantara yang belum punya kemauan tersebut. alasannya : gak punya bakat. mengada-ada ya alasan saya itu

  2. memang masih banyak ketakutkan pada kegagalan yang selalu jadi pikiran banyak orang padahal seandainya saja mereka mau merubah fokusnya pada keberhasilan maka semua akan menjadi lebih mudah untuk menumbuhkan jiwa enterprenuer

    silakan berkunjung dirumah saya juga

    salam

    dunianyawira

    “Setuju Mas, insyaAllah sesegera mungkin saya akan berkunjung ke rumah mas Wira, sediakan saja suguhannya hehehe”

  3. Masih banyak orang yang beranggapan kalo menjadi entrepreneur itu tidak “sekeren” menjadi orang kantoran. Padahal entrepreneur itu kadang duitnya jauh lebih banyak drpd karyawan🙂

    betul…yang paling keren enterpreneur itu bisa menggaji orang lain hehe

  4. kalau kita kepingin maju, mau tidak mau memang kita harus memiliki “jiwa” itu … salam kenal..

    Salam kenal kembali Welly…

  5. selmaat bu jd PNS ya.. heheh *blogwalking*

    salamkenal, makasih dah mampir ke blogku..

    “terimakasih kembali Yoe, salam kenal…

  6. hmmm asik tuh punya jiwa kaya gituh!!! skill..skill..sareng…skilll!!!
    insyaalllah bu jiwa kaya gitu akan saya bangun slalu…aminnnn!!!

    Ayo Helmie, saya dukung ^_^”

  7. yuu.. ikutan IBSN Blog Award di cantigi.. ^_^

    Oce Kang, iya ni udah lama ga ke Cantigi, lagi jarang online karena 2 minggu terakhir rada haptic. kangen juga ^_^

  8. moga2 semangat entreprenuer itu mengalir deras sederas bengawan solo.

    Amin

  9. ya setuju banget agar pengangguran di negri kita tercinta ini berkurang..jadi ga banyak yang jadi TKW terus disiksa…mudah-mudahan lancar ya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: