IBSN : Aku Bukan Siapa-Siapa…

Saat bercermin di kaca, sambil mengagumi bagian wajah tertentu yang menarik dan biasanya dipuji orang, atau sambil menutupi “bopeng-bopeng” yang agak kurang enak untuk dilihat orang, saya sering bertanya dalam hati “siapa aku?”. Dalam ranah komunikasi, ini termasuk ke dalam yang namanya komunikasi intrapersonal. Komunikator dan komunikate ada dalam diri saya sendiri. A dan B, saling bertanya jawab dalam pikiran.

Sambil senyum-senyum hati saya kadang menjawab : hmmm, saya seorang dosen, kelebihan saya ini, ini, ini….prestasi saya anu, anu, anu….dst yang membuat saya bangga pada diri sendiri.

Tapi terkadang, hati saya menjawab : hhhhh,  saya hanyalah seorang yang punya banyak kekurangan, saya kurang ini di bandingkan dengan si X, saya kurang itu dibandingkan dengan si Z….dst yang membuat saya merasa rendah diri.

Tapi alhamdulillah, otak saya juga tidak jarang menggabungkan berbagai kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri, sehingga membentuk diri saya yang utuh. Utuh dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Para pembaca yang budiman, sebenarnya tulisan ini saya maksudkan untuk menghaturkan terimakasih kepada berbagai pihak yang selama ini berjasa dalam kehidupan saya. Mungkin, selama ini saya belum mengucapkan terimakasih, padahal rasa terimakasih adalah sesuatu yang wajib diungkapkan. Mudah-mudahan beberapa dari nama yang saya sebut, jika suatu saat googling dan mencari namanya, atau ada orang lain yang googling mencari namanya akan menemukan bahwa nama tersebut pernah berjasa terhadap seseorang yang bernama Ira Mirawati.

Saya saat ini bukan siapa-siapa. Tapi tanpa mereka, saya akan lebih menjadi bukan siapa-siapa.

Mungkin, kalimat-kalimat selanjutnya dari postingan ini mirip dengan ucapan terimakasih yang ada dalam sebuah skripsi. Tapi, bila dalam skripsi ditulis berdasarkan urutan yang paling berjasa, kalau di sini tidak. Semuanya sangat berjasa….

Tapi, jangan heran kalau tidak menemukan saya menyebutkan nama orang tua, suami, anak, mertua, dan kerabat yang lain, karena nama mereka tidak akan pernah lepas dari kehidupan saya….kalau saya tuliskan terimakasih pada mereka, halaman blog ini tidak akan mampu memuat…mungkin kalimat itu hiperbola, tapi demikianlah adanya…

Ya Allah, Sang Pemberi kehidupanku, terimakasih atas segala kebaikan yang Engkau anugerahkan padaku. Ku mohon, berikanlah limpahan kebaikan kepada orang-orang yang tanpa pamrih telah memberikan kebaikan pada hamba-Mu ini….

  • Semua guru dari SD sampai SMU dan dosen yang telah mendidik dan membagi ilmunya pada saya.
  • Bapak Adijanto, yang telah membiayai SMU Saya hingga saya bisa bersekolah gratis.
  • PT Pos dan Giro, Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang telah memberikan beasiswa ketika saya SMP
  • DD Bandung yang memberikan beasiswa ketika saya S1
  • Ford Foundation dan The Indonesian International Education Foundation yang telah menanggung seluruh biaya S2 dan tesis saya.
  • Dosen-dosen di Jurusan Manajemen Komunikasi yang telah menerima saya dengan tangan terbuka: Ibu Jenny Ratna Suminar, Pak Antar Venus, Pak Uud Wahyudin, Pak Hadi S. Arifin, Pak Atwar Bajari, Pak Slamet Mulyana, Pak Teddy Kurnia, Bu Purwanti Hadisiwi, Bu Kismiyati El Karimah, Pak Dadang Sugiana, Pak Engkus Kuswarno, Pak Asep Suryana, Pak Pramono Benyamin, Pak Agus Setiaman, Bu Weny Widyowati, Bu Sri Rahayu, Pak Hidayat Satari, Bu Eni Maryani, Pak Roy Robert, Pak Rakhman, Pak Duddy, Pak Akbar, Pak Hussein, Pak Ilham, Pak Kunto, Bu Nindi, Bu Emma, Bu Funny,
  • Dekan Fikom Unpad Prof H. Deddy Mulyana, Phd, dan seluruh anggota penguji seleksi CPNS Fakultas yang telah mempercayai saya untuk menjadi tenaga pengajar di Fikom Unpad tercinta.
  • sahabat-sahabat setia, yang sudah mau berbagi dengan orang seperti saya,sahabat pas saya SMP: Ernawati , Sahabat pas saya s1: Yati Suryati (dan keluarga yang sudah menjadikan aku seperti keluarga sendiri), Istikharah (yang bahkan sampe rela nyuapin aku kalo lagi gak selera makan hehe), juga sahabat-sahabat s2: Serly, Yopi, BU Eha, Uliviana, Yanti.
  • teman-teman blogger IBSN (Indonesian Beautiful Sharing Network) yang selalu menyemangati untuk saling berbagi.

to be continued…

masih banyak nama-nama lain yang berjasa…

Note :

Untuk semua teman blogger, ungkapkanlah terimakasih Anda pada pihak-pihak yang berjasa dalam kehidupan Anda. boleh secara lisan maupun tulisan. Ungkapan terimakasih akan membawa energi positif untuk orang yang menerima juga yang memberi….

7 Responses

  1. wah keren nih bu tulisannya..
    jadi tersadar kalo saya ini memang bukan siapa-siapa.
    saat ini pun saya belum menjadi siapa-siapa..

    masih butuh banyak orang untuk menjadi sukses dan suatu saat nanti bisa menjadi “seseorang”
    jika sudah menjadi “seseorang” nanti saya harus mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua, sahabat, guru, dosen, dll termasuk juga kepada Bu Ira yang telah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat.. hehe
    hidup persib bu!

  2. kereeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn……..

  3. ibu, salam kenal…
    testi nya keren, insya alloh satu hari mdh2an saya bisa melakukan hal yang serupa, amin.

    bu, saya sedang mempersiapkan permohonan beasiswa dr ford foundation, mdh2an ibu kalo ada waktu, bisa kasih saran2 buat saya. thx u.

    email saya : eka_education@yahoo.com
    selamat mengajar dan semoga selalu dalam lindungan alloh swt, amin.

    best regards,
    eka
    bandung

    Mudah-mudahan aplly beasiswanya lancar dan diterima ya Eka…untuk beasiswa sangat penting selain untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kita qualified enough adalah juga untuk meyakinkan mereka bahwa hasil pendidikan kita nanti akan berguna untuk lingkungan sekitar kita (sesuai bidang kita masing-masing)

  4. Teh Iraaaa…
    Urusin nih blog! Fb~ing melulu!😀

    Oya, makasih artikelnya ya teh. Mirip tulisanku … Sehati (doooh).

  5. keren….. nama saya atuh masukin hehehehe

  6. kadang kita harus jadi siapa-siapa🙂 jangan terlalu merendah ahhh

  7. sediiih banget bacanya saay…..
    miss u so much..
    luv u…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: