Why Do Students Happy When Their Lecturer Cannot Teach Them ?

There is one big question in my mind. It has been exist in my head when I studied in elementary school until now, when I have finished my master degree. As the title of this writing, the question is: “Why do student tend to happy when their teacher/lecturer cannot teach them?” I and all friends were happily laughed to hear the information about the absence of our teacher. Especially for some teacher who was boring in classroom communication.

Now, I become a teacher/lecturer. Someday I cannot teach my student because I was sick. As I lied on my bed, I think about my student. In my mind: “how poor they are. They cannot receive the materials that they should receive”. But after that, I re-think “hmm, do they sad when they cannot meet me in class, or maybe they happy because they can free from me

I didn’t find the answer of that question. It was because I didn’t try to find it. May be I was afraid that the answer will be disappoint me. As the time goes by, now that big question was in my mind again, especially when I heard a group of student chatting about their lecturer. They were sad because the lecturer cannot teach them that day. HOW COME? HOW CAN? How lucky that lecturer because the students miss her and really want to meet her in classroom!

I try to find the answer of these questions. I discussed with a group of students, here the facts I found :

  • Students will love to learn if they know the direct advantages of their meeting in classroom. so, don’t forget to tell them the advantages off their classroom meeting with you.  Make the advantages as clear as possible and concrete.
  • Students will love to learn in classroom when the methods of learning is interesting. so, we must creatively choose the right methods to teach student, or mix some methods that will make them interested. Don’t forget, the methods should make them actively involved in classroom communication. Don’t make them as object, but make them as subject of their learning activity.
  • One of success indication of  students learning is their final score. Students will love to learn if they know clearly the components and criteria of their final score. So, we must let them know how we evaluating their learning result.

I, myself, still trying to apply all the facts I found. It’s simple to write it, but quite difficult to apply. Hopefully, all teacher/lecturer have an intention to make their students learning activity become happy activity. it is not about to be favorite lecturer but it is about our responsibility as facilitator of students learning activity. Wallahu’alam.

so,….

Do my students sad or happy when I cannot teach them?

I still afraid to find the answer.

6 Responses

  1. *belajar komen inggris ya teh, punten upami aya anu salah grammar. hee.. hee..*
    you right mam. sometime our head full idea, but sometime, it’s so hard to realize. some reason about condition, situation, etc make our position is dilemma. i think your discussion result about learning activity system, approach method, and interactive multimedia system is very good. we should ready for progressive mind, i guess. however, never give up. keep spirit teteh ira.. ^_^

    “hehe, saleresna bahasa inggris abdi oge kirang sae🙂. Thank you so much for your support. hopefully, I can give my best in teaching my students.”

  2. mugi teteh sakulawargi dipasihan kasehatan sareng kabahagiaan sareng aya dina lindungan nu maha Kuasa, punten ah, ngiring salam ka bos anu ringtone tea, diana ross raos pisan kitu. agree pisan abdi oge. hee.. hee.. hee…

    “muhun, salamna atos didugikeun ka si Akang (panggilan sayangnya hehe). Salam kenal kanggo Kang Deni sakalawargi. Sami-sami wargi cimahi, anjeunna asalna ti jln budi, cimahi. Mung ayeuna tos janteun warga cileunyi.”

  3. He he he jadi inget masa kuliah….padahal sekarang kuliah ngak beres-beres….emang enak dosen ngak ngajar…itu pikiran sebagai mahasiswa. Tapi pas sebagai dosen mikir….ngak enak ya dianggap begitu oleh mahasswa…he he he.

    “tul Pak, rasanya nyessss gitu kalo lihat wajah mahasiswa yang berseri-seri pas kita bilang gak bisa masuk kuliah hehehe”

  4. Tenang aja bu, saya termasuk salah satu mahasiswa yg ngerasa rugii bgt kalau ada dosen yg berhalangan hadir trus kuliahnya diliburin dulu. Saya inget beberapa minggu yg lalu, kuliah Dinkel dan PBM diliburin karena dosennya ga ada . padahal saat itu saya lagi smangat bgt untuk kuliah, pas tau dosen yg bersangkutan berhalangan ngajar, yg ada di pikiran saya adalah sebel. hehehe berarti saya kehilangan satu kesempatan untuk mendapat materi kuliah. mata kuliah yg saya ambil di smester ini sangat menarik untuk dipelajari dan bisa saya kaitkan langsung dengan kehidupan sehari-hari. kyknya sayang aja, klo saya harus kehilangan satu kesempatan mendapat materi kuliah…agak nyesel jg sih bu, kenapa saya baru menyadarinya di semester ini, kenapa ga dari semester2 lalu..??

    curhat sedikit ya bu, hehehe jujur saya tadi ngerasa kecewa dengan diri saya sendiri karena ga bisa memberikan penampilan maksimal saat presentasi tadi. apalagi saat saya kesulitan menyusun apa yg ada di pikiran saya. bawaannya jadi BT bu! padahal harusnya saya dan teman2 bisa memberikan penjelasan yg jauh lebih baik.

    tapi ya sudahlah yaa..yg lalu biarkan lah berlalu..hehe
    semoga kedepannya bisa lebih baik lagi..amiiinn….!

    “benar, saya juga merasa kalian tidak menampilkan kemampuan terbaik kalian, padahal potensi kalian luar biasa🙂. syukurlah kalo bertekad untuk memperbaikinya. mari kita sama-sama selalu berusaha memberikan yang terbaik. TETAP SEMANGAT!!!

  5. aslm. Akhirnya saya menemukan blog Bu Ira, salah satu dosen TC saya yang bijaksana ini. Bu,judul tulisannya langsung bikin saya pengen cepet2 baca (jujur mode = on). karena jujur modenya lagi “on”,makanya saya sekarang mencoba untuk tidak berbohong.

    Saya sendiri siy kalau dosen ga dateng kuliah, sedih atau gak nya,Bu. Tapi tentunya kebanyakan sedihnya,,ada beberapa hal yang bikin saya sedih,,
    – saya udah banyak ngeluarin waktu & tenaga untuk dateng dari rumah saya dengan terburu-buru takut telat atau kadang dateng duluan untuk dapet materi, tapi tahunya dosennya ga bisa dateng,,

    – saya udah ngeluarin begitu banyak biaya orang tua untuk kuliah dan dapet materi–walaupun materinya ga cuma dapet dari dosen–tapi dosennya ga dateng jg,,

    apalagi Bu, minggu2 kemarin itu adalah minggu2 dimana banyak dosen yang ga bisa ngajar. Walaupun dosennya bukan dosen favorit, tapi tetap aja saya ingin dia ad di kelas untuk memberikan saya n temen2 saya ilmu pengetahuan. Setidaknya, dosen itu menorehkan tintanya untuk “Cerita Saya Hari Ini”. Saya sendiri suka aneh sama temen2 kelas saya. Kenapa mereka senang karena ga dapat apa yang seharusnya mereka dapat hari itu,,

    Tapi ga tahu kenapa,saya sering berpikir positif. Mungkin2 kalau dosen itu punya keperluan mendadak, sedang sakit, atau apapun itu,,

    Rasa senangnya, mungkin saat dimana dosen tersebut tidak bisa datang, saya bisa mengerjakan agenda/rencana saya hari itu dengan lebih awal,,

    Yah, walaupun begitu, mahasiswa pun sering berbuat yang kurang menyenangkan dalam kelas,,

    sepakat dengan belluire, mudah2an ke depannya kita semua lebih baik lagi,,

    Oiya Bu, terus terang saya rindu dengan athmosfir TC semester 6 kemarin. Karena saya senang pada saat saya bisa mengenakan baju rapih, belajar presentasi, dan mencari pengetahuan baru. Walau sedikit , tapi itu suatu tantangan untuk saya. Makanya kenapa setiap hari Kamis saya sering memakai baju rapih, karena Kamis itu hari mata kuliah TC. hehe,, itu hanya penilaian saya saja, Bu,,

    Semangat! Selamat Pagi!

    “wa’alaikumsalam.Selamat pagi kembali Hadi. makasih komennya, ini komen terpanjang yang pernah saya terima hehe. TC 2005 adalah kelas yang sangat berarti buat saya. bisa dikatakan, kalian adalah salah satu penyemangat saya. kalian adalah teman yang sangat baik untuk sama-sama belajar. terus terang, saya merasa bersalah, semester ini saya merasa tidak dapat maksimal bersama kalian, mungkin karena “posisi” saya tidak sama dengan ketika di kelas P3K semester 6.
    kemarin, ketika bertemu kembali dengan kalian di kelas, saya merasa bahagia luar biasa, karena kalian masih bersemangat, kritis, energik, seperti ketika kita di P3K dulu. kalau nanti saya tidak berkesempatan bertemu lagi dengan kalian di kelas, semoga saya dapat menggantinya dengan menjadi teman curhat kalian kalau lagi butuh teman berbagi masalah skripsi atau masalah pribadi juga boleh ^_^.
    satu yang pasti, kalau kalian lulus nanti saya akan menjadi orang yang sangat berbahagia sekaligus sedih. bahagia karena kalian berhasil menuntaskan kuliah,sedih karena harus berpisah dengan kalian.
    buat hadi : pertahankan semangatmu yang luar biasa itu ya!!!pasti akan sangat berguna di kemudian hari.
    buat TC 05 : Love U all

  6. Assalamualaikum ibu cantikk..
    wah, aku baru baca blognya.
    Hahahaha, lucu deh bu tulisannya. Agak nyentil juga jadinya untuk terus introspeksi.

    Kalo saya sih ya, sebagai mahasiswa bakal senang dapat kabar seperti ituTAPI tergantung dari dosennya siapa, hehehe..

    Kalo yang ga masuknya Bu Ira mah ya sedih atuh, juga kalau Bu Nindi, Pak Venus, Pak Dadang, pasti berasa “yah,, rugi deh ga dapaet ilmu baru”.

    Misalnya saja untuk matkul Evapro kemarin. Sempat beberapa minggu Pak Dadang berhalangan hadir, dan kami sekelas sama sekali ga ada yang bilang ‘Yeahs”. Kami malah nunggu kabar kali aja bapaknya masih bisa datang walaupun terlambat..

    So, menurut saya kita akan memanen tepat benih apa yang kita tanam.

    Love you Bu Ira..🙂

Leave a Reply

